PASSIVE INCOME PROPERTI SEWA

PASSIVE INCOME PROPERTI SEWA

Menyewakan properti bisa jadi strategi mendapatkan passive income yang bagus, kalo tahu prinsip – prinsip nya. Passive Income itu adalah pendapatan yang Anda dapat dengan upaya mengurus bisnis yang rendah. Menyewakan bisa jadi strategi bagus dan jelek. Kuncinya di anda beli di harga berapa..?

Kalo Anda kebeli properti yang harganya pasaran, lalu belinya pake hutang, lalu sewakan, ya jelek. Apalagi belinya di atas harga pasar. Alasan :

– Bunga KPR bank 10-12%

– Tingkat sewa cuma 2-3%

– Kenaikan harga paling 4-5% per tahun

– Judulnya bisnis merugi ini

Kalo rugi, mending duitnya simpen aja di deposito, masih 5-6% positif di bank Sewa jadi menguntungkan kalo

– Propertinya kebeli yang murah. Gimana tau murah..?

Kalo parameter ala saya, bila dapat properti yang harga belinya TIDAK LEBIH DARI 16 KALI HARGA SEWA DI LOKASI ITU, itu murah.

16 itu namanya GIM (Gross Income Multiplier). Didapat dari harga jual : harga sewa. Sehingga, kalo sewa setempat = 100 juta, maka harga properti itu harus maksimal dibeli di angka 100 jt x 16 = 1,6 M, maka kalo untuk di sewakan ya masih menarik. Minimal setara bunga deposito.

Kalo pun belinya pake KPR, kalah di awal doank, tapi pada satu titik valuasi properti sudah di atas total nilai angsuran terbayar.

Emang ada properti yang gitu..? Ada.Pelan pelan cari. Banyak buku investasikasih tips 100 : 30 : 10 :1

100 kandidat

Saring jadi 30

Pilih lagi jadi 10

Putuskan 1 yang terbaik

Cara yang lebih sederhana, buka web Listing Properti kantor agen properti, seperti agen-properti.co.id, lalu pilah pilih properti dari sana.

Atau,, cari yang lagi kepepet duit, harus jual segera. Kasih penawaran dengan nilai incaran, kalau dapat, bisa jadi instrumen sewa yang bagus.

BACA JUGA :   CARA NGE-CHEAT GAME DI HP

Ingat ya, yang tadi itu konteks nya beli untuk sewakan, BUKAN BELI UNTUK PAKAI. Beli untuk sewakan itu artinya properti bisa di mana saja, dari jenis properti apa saja. Selama nilai sewa bagus, sikat.

Gak semua orang berani beli properti di lokasi yang gak masuk di psikologi nya, maunya selalu beli yang di jalan utama. Perspektif nya “suatu hari bisa dipakai untuk sendiri buat bisnis” Kalo beli untuk pakai, LOKASI yang cocok untuk bisnis yang akan di buka jadi PERTIMBANGAN UTAMA, dapat di harga pasar pun masih oke. Keuntungan properti didapat dari margin bisnis, dan nilainya jauh lebih bagus dari sewakan.

by : Wandi