7S UNTUK BISNIS ANDA

7S UNTUK BISNIS ANDA

Istri saya pernah menunjukkan 1 model yang dibuat oleh Robert H. Waterman, Jr. and Tom Peters dari konsultan manajemen McKinsey & Company, sebuah model manajemen yang diberi nama “7S McKinsey Framework alias Kerangka Kerja 7S McKinsey.”

Model 7S McKinsey ini berisi konsep untuk membantu kita menyiapkan unsur – unsur yang harus dimiliki agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Ke 7S dalam model ini adalah :

1. Strategy (Strategi)Strategi adalah berbagai cara dan pendekatan yang dibuat perusahaan untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif dan terus bertumbuh di pasar.

2. Structure (Struktur)Struktur adalah tentang susunan organisasi, job deskripsi, hak – kewajiban, dan penilaian performa segenap team, dari direktur, manager, staff, hingga office boy sekalipun.

3. Systems (Sistem)Sistem adalah seputar bagaimana organisasi dan semua unsur yang terlibat di dalamnya bergerak. Sistem juga bicara proses dan prosedur kegiatan operasional.

4. Skills (Keterampilan)Skills adalah tentang kemampuan dan kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap personel agar dapat mencapai sasaran kerja yang diharapkan.

5. Staff (Karyawan)Staff adalah tentang bagaimana melakukan identifikasi persona / karakter yang sesuai untuk setiap posisi, lalu pelaksanaan seleksi, perekrutan, pelatihan, motivasi, dan juga penerapan reward dan punishment.

6. Style (Gaya Kepemimpinan)Style adalah seputar prinsip dan gaya kepemimpinan yang dipakai untuk mengelola perusahaan. Beda jenis bisnis bisa jadi beda pula prinsip dan gaya kepemimpinan yang diperlukan.

7. Shared Values (Nilai-nilai Perusahaan)Shared Values adalah nilai – nilai yang berlaku di perusahaan.

Kalau di IN.Come Realty, kami menjadikan I-C-R sebagai kredo kami. I – C – R adalah singkatan untuk I – Integrity, C-Competent, R-Reliable

I – Integrity, maksudnya segenap team IN.Come Realty harus berintegritas kapapunpun dimanapun, dalam situasi apapun

BACA JUGA :   MASALAH SANA BUKAN UNTUK SINI

C-Competent, segenap team IN.Come Realty ber-kompeten, memiliki kemampuan yang diperlukan oleh posisinya

R-Reliable, segenap team IN.Come Realty dapat diandalkan untuk menyelesaikan suatu tugas

Gunakan kerangka 7S ini untuk membangun bisnis Anda agar tumbuh secara baik dan menguntungkan.Pakai kerangka 7S ini sebagai checklist apa yang harus dikerjakan, apa yang belum dikerjakan, apa yang harus di maksimalkan.

Demikian saya berbagi sedikit rahasia kepada sahabat FB bagaimana kami menjalankan bisnis kecil – kecilan kami ? semoga bermanfaat. Salam Cuan Luar Biasa.. ????

by : Wandi