ABU ABU ITU PUTIH 

Tenaga penjual itu setiap hari ada di medan persaingan. Lebih unggul dia menang, banyak kelemahan dia kalah. Mesti pintar pintar atur strategy.

Aturan itu CARA MAIN, Strategy itu CARA MENANG. Bila patokannya aturan, ada 3 zona strategy yang mungkin dilakukan : hitam, putih, dan abu abu. Hitam itu artinya melanggar, putih itu mematuhi, dan abu abu artinya belum di definisikan secara jelas oleh aturan yang ada.

Sebagai tenaga penjual profesional yang terikat dengan kode etik dan peraturan, strategy di zona hitam jelas tak boleh dilakukan. Putih jelas boleh. Nah, bagaimana yang di zona abu abu..?

Di medan sesungguhnya, seringkali penguasa pasar muncul dari mereka yang bisa mengexplore hal hal yang belum diatur dan menggunakan nya sebagai keunggulan kompetitif mereka.

Bagi pihak yang kalah akibat pemanfaatan zona abu abu ini mungkin persaingan terasa tidak adil, tapi bukankah hidup memang tidak adil..? Selalu memberikan penghargaan tinggi kepada yang bisa mengeluarkan inovasi baru dan kreatif yang belum terpikir sebelumnya

By : Wandi

BACA JUGA :   JANGAN POTONG BEBEK ANGSA