KITA..? ELO AJA KALEE..!!!

KITA..? ELO AJA KALEE..!!!

Penggunaan sebutan KITA & KAMI sudah carut marut sekali di Indonesia. Padahal KITA & KAMI adalah dua kata yang berbeda makna. Setidaknya itu yang saya pelajari waktu SD. Gak tau kalo ada yang tiba tiba SMP, gak lewat SD ya..

Mau petinggi negara, host infotaiment, pemilik perusahaan, sampe penjual sayur, error nya sama. KITA itu = Anda dan SayaKAMI itu = Saya dan orang disekitar, Anda gak termasuk

Mau nya menyebut diri sendiri, sering kali malah pakai KITA, padahal sebut saja SAYA.

Maunya menyebut KAMI, eh, tetap pake KITA pula. Kalo bilang “KITA” itu mestinya yang di ajak ngomong ikut terlibat. Kalo nggak, bukan KITA.

Bahayanya ngomong KITA untuk menyebut SAYA misalnya :

“Istri KITA sedang tunggu di kamar”

Implikasi dari kalimat ini yang punya istri gak boleh marah kalo si lawan bicara masuk kamar hahaha

Atau contoh lain,

“KITA mau keluar makan”, nah ini ceritanya kalo sekalian ngajak lawan bicara keluar makan, bener. Tapi jadi gak sopan banget kalo ngajak nggak tapi pake KITA. Maksudnya dia n kroni nya aja yang keluar makan. Ngomong aja “KAMI mau keluar makan”

Contoh lagi,,

“KITA baru beli mobil”, padahal maksudnya dirinya baru beli mobil. Gaya banget pake KITA. Kalo pake KITA, kunci mobil kasih sama yang di ajak ngomong, itu harta bersama soalnya, udah pake KITA.

Barangkali ada yang komen “pakai KITA itu untuk sopan santun”. Gini bos, sopan santun itu kalo ngomong yang sopan, nada suara di jaga, bahasa tubuh di kontrol, jangan nunjuk nunjuk. Cukup pakai itu saja buat jadi sopan. Jangan buat bahasa jadi salah.

BACA JUGA :   PASSIVE INCOME PROPERTI SEWA

Bahasa Indonesia itu dari dulu yang saya pelajari

Aku + Kamu = Kita

Aku + Dia = Kami

Dia + Kamu = Kalian

Dia + Dia = Mereka

Bukannya (apa + apa) jadinya KITA semua hasilnya.

Apalagi kalo urusan urusan gak karuan,pake KITA, hah, enak aja pake KITA.

“KITA baru saja ngutang sama si ono”,,,Eh, yang punya utang KAMU, jangan bawa bawa SAYA ikutan donk, KAMU yang pinjam duit, masa saya ikut rasain utang nya..? Mana ada yang mau,, ya gak..?

Makanya, rame rame kalo ada yang bilang KITA, langsung koreksi. KITA..? ELO AJA KALEEE..!!

by : Wandi