MARKETING ITU INI 

Masih banyak yang berpikir Marketing itu ialah Selling. Bahwa pemasaran artinya jualan.

2 istilah ini berbeda. Marketing itu pemasaran, kalo jualan itu Selling. Masih terasa sama dan gak nemu bedanya dimana pemasaran dan penjualan..? Gini sederhananya, Anda punya Toko, nah semua usaha Anda agar orang mau ke toko Anda, itu Marketing / Pemasaran. Lalu, begitu ada yang datang, fungsi berlanjut ke petugas didalam toko untuk membuat pengunjung cabut dompet dan bayar, ini penjualan.

Kalo yang datang ke toko banyak, namun yang beli sedikit / rasionya rendah, artinya yang jago orang pemasaran nya. Sebaliknya, kalo yang datang sedikit tapi rasio yang beli tinggi, yang jago orang sales nya. Perusahaan itu arahnya banyakin yang datang, banyakin yang beli. Makanya ada Direktur Pemasaran, dan ada Direktur Penjualan. Kalo sama kerjaan nya, napain pakai 2 direktur, ya gak..?

Teori Marketing yang seabrek abrek itu kalo di kelompok-kan hanya seputar 3 hal, Brand Management, Product Management, dan Customer Management. Jika 3 upaya ini sukses, peminat jadi banyak, jualan jadi mudah, profit bisa lebih baik.

Orang yang kerja dibagian marketing disebut Marketer. Orang yang kerja di bagian sales disebut Salesman / Sales Executive / Sales Force. Di lapangan, banyak yang kerja nya jualan, tapi menyebut dirinya Marketing, ini salah combo. Sudah salah profesi, salah sebut pula.

Tau beda Marketing dan Selling membuat kita bisa menyusun deskripsi dan target kerja yang benar. Kita juga jadi bisa masuk ke komunitas yang sesuai. Bila Anda seorang marketer, gabungnya ya dengan IMA / Indonesia Marketing Association. Jika Anda Salesman, gabungnya dengan KOMISI / Komunitas Sales Indonesia.

Kalau di WA group komunitas marketing ketemu member yang kerjanya jualan sepanjangan, jangan jangan dia salah masuk group ? coba tanya, barangkali mestinya gabung di WA Group Srimulat ?

BACA JUGA :   JANGAN MAU SAKIT JIWA

Oke, sudah cerita panjang lebar, semoga sekarang cukup jelas Marketing itu ini.
=====
by Wandi