MENGAPA HEMAT PANGKAL KAYA

Di kalangan penasihat keuangan ada 1 ungkapan terkenal “A Penny Saved is a Penny Earned”, setiap sen dihemat adalah setiap sen didapat. Maksudnya, setiap penghematan bernilai Rupiah. Menghemat 1 Rupiah sama saja dengan menghasilkan 1 Rupiah lainnya.

Dalam konteks “A Penny Saved is a Penny Earned” , untuk mereka dengan nilai kekayaan bersih kurang dari 1 Milyar, ternyata lebih efektif menambah pundi kekayaan dengan cara menyesuaikan gaya hidup, daripada berinvestasi pada instrumen yang memberikan ROI 7% sekalipun.Ya tentu saja Investasi sambil menyesuaikan gaya hidup adalah yang terbaik donk.

500 juta yang diinvestasikan dengan keuntungan 7% menghasilkan 35 juta setahun, setara 2,9 juta sebulan, 98 ribu sehari.Atau 500 jutanya didepositokan, yang saat ini sangat rendah bunganya, 3% setahun, hanya menghasilkan 15 juta setahun. Sekarang coba hitung bila ada penghematan 200 ribu sehari, menyisakan 6 juta sebulan, setara dengan 72 juta setahun. 2 kali lipat daripada hasil investasi sekalipun.

Pantas saja saya sering dapat nasihat, orang menjadi kaya bukan cuma dengan pintar menghasilkan, tapi juga karena pintar menyimpan. Karena berapa yang tersimpan itulah ukuran tingkat kesejahteraan sesungguhnya.

by : Wandi

BACA JUGA :   KESEMPATAN DI SANA SINI