TEMAN – TEMAN PENTING

TEMAN - TEMAN PENTING

5 orang terdekat anda adalah gambaran siapa Anda, katanya seperti itu. Bila kita dikelilingi oleh tukang becak maka kemungkinan kita adalah seorang tukang becak. Bila kita dikelilingi oleh pengusaha-pengusaha, maka kita ke mungkin adalah seorang pengusaha juga.

Tidak ada jeleknya mempercayai kalimat ini sebagai sebuah keyakinan. Masuk akal soalnya. Saya mencoba untuk membuat lingkaran 5 orang terdekat saya adalah orang-orang terbaik di kota Palembang. Harapan saya juga menjadi terbaik seperti mereka.

Salah satunya adalah beliau ini, seorang multi Billionaire dengan status sebagai salah satu pembayar pajak terbesar di kota Palembang. Namanya pak Sukendro, pemilik Interbis, merek biskuit sejuta umat yang saya kira sudah pernah dimakan oleh semua orang Palembang.

Gaya keseharian beliau santai saja, penampilannya nggak seheboh orang-orang kaya di republik Facebook. Biarlah Jaguar di garasi dan rumah 35 M yang bicara. Kebetulan saya cukup beruntung untuk tiap minggu pagi diajak ngopi dan makan mie celor sama beliau. Kesempatan untuk menyedot banyak ilmu secara langsung. Apalagi dengan statusnya sebagai salah satu pemilik BPR besar di kota Palembang, lengkaplah alasan saya menjadikan beliau sebagai guru untuk belajar mengenai uang, manajemen uang, dan kredit.

Pagi ini kami cerita seru tentang kredit dan kesalahan orang-orang atas kredit, disertai dengan bedah kasus si A dan si B yang hari ini jatuh dan terlilit oleh hutang. Kalau mau diceritakan ulang bakalan sangat panjang, tapi izinkan saya untuk meringkasnya menjadi beberapa poin saja :

1. Alasan mengapa pengusaha bisa jatuh salah satunya adalah tidak disiplin mengatur gaya hidup. Pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

2. Kredit dari Bank yang harusnya dipakai untuk kegiatan produktif namun bila digunakan untuk kegiatan konsumtif adalah awal dari kejatuhan.

BACA JUGA :   BERMAIN SAMBIL BEKERJA

3. Pinjaman Rekening Koran (PRK) yang mengizinkan peminjam untuk hanya membayar bunga saja sangat berbahaya bila digunakan pada jangka panjang dan bukan jangka pendek seperti yang seharusnya.

4. Bunga PRK 12% per tahun sudah cukup dahsyat untuk membuat seorang pengusaha kelimpungan setelah tahun kelima hanya membayar bunga saja. Pinjaman 10 miliar akan hilang 6 miliar nya hanya untuk membayar bunga.

5. Makin besar pinjaman makin dahsyat efek negatifnya bila salah dikelola. Pinjaman 100 miliar maka dalam 5 tahun harus membayar bunga sebesar 60 miliar. Bisnis apa yang saat ini memberikan keuntungan 60 miliar dalam 5 tahun.?Ngopi paginya berasa sambil makan, soalnya ilmu yang dikasih daging semua, bagus dan penting, dan jarang diajarin di kampus-kampus pula.

Sebenarnya, masih ada 5 poin lagi yang saya dapat dari pak Sukendro hari ini. Tapi saya kira saya sisakan untuk tulisan berikutnya saja. Yang kali ini saya bagi lima poin penting ini dulu ya. Wajar tesis yang mengatakan 5 orang terdekatmu adalah gambaran siapa dirimu. Soalnya bila yang di dekat kita orang sesat maka kita ikutan jadi sesat, dan bila yang di dekat kita orang pintar maka kita ikutan jadi pintar.

by : Wandi